Epidemi 'Zombie' di Dunia Nyata Beneran Ada, Terjadi di AS

Epidemi 'Zombie' di Dunia Nyata Beneran Ada, Terjadi di AS

Philadelphia - Viral sebuah rekaman mengerikan dari Amerika Serikat. Warganya jadi 'zombie' beneran!


Dilansir dari New York Post, epidemi 'zombie' ini terjadi pada pecandu narkoba di lingkungan Kensington, Philadelphia, AS. Obat yang mereka gunakan adalah Xylazine atau 'tranq', yang merupakan obat penenang mematikan untuk meningkatkan efek heroin, kokain dan fentanil.

Obat ini bahkan mendapat perhatian Gedung Putih baru-baru ini dan menyatakanya sebagai ancaman. Dr Rahul Gupta, Direktur Kantor Kebijakan Pengawasan Narkoba Nasional, mengeluarkan peringatan bulan lalu.

"Xylazine telah melanda Philadelphia dengan sangat cepat, menyebabkan kematian akibat overdosis serta luka-luka parah yang dapat menyebabkan sepsis dan amputasi," kata Departemen Kesehatan dan Dewan Kesehatan Philadelphia dalam pernyataan.

Dalam video viral itu terlihat jelas efek dari narkoba tranq. Pencandu berjalan dengan sangat pelan dan tak sadarkan diri layaknya zombie. Mereka hilir mudik tanpa ada tujuan.

Sarah Laurel, pendiri organisasi nirlaba pengurangan dampak buruk Savage Sister, mengatakan telah terjadi peningkatan pengggunaan xylazine selama empat tahun terakhir.

"Ada korban yang memiliki bisul menganga terbuka, infeksi, beberapa jaringan nekrotik dan itu mengarah pada amputasi," ujar Lauriel.

Lauriel dan rekan-rekannya juga turun ke jalan dengan membawa oksigen, karena banyaknya pengguna narkoba yang tak responsif.

source : detik.com